Masalah Dalalah Dalam Menerjemahkan Arab-Indonesia (Kajian Semantik)

DESKRIPSI

Pada hakekatnya penerjemahan adalah pengalihan pesan (ide) dari bahasa sumber (bahasa yang diterjemahkan) ke dalam bahasa sasaran (bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan). (M. Abd al-Azim al-Zarqany, 1980:110). Pengkajian terhadap dalalah bahasa sumber artinya adalah pengkajian terhadap pesan (ide) yang terkandung di dalamnya. penerjemahan dari bahasa apa saja, termasuk dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, dengan demikian memerlukan pengkajian terhadap dalalah. Kelihatannya masalah dalalah itu sederhana: asal saja seseorang itu dapat menggunakan dua bahasa yang berbeda maka ia dapat mengungkapkan pesan yang sama melalui dua bahasa yang berbeda itu. Tetapi sebenarnya permasalahannya tidaklah sesederhana itu, setidaknya ada dua hal:

1. Tingkat perkembangan dua bahasa yang berbeda itu belum tentu sama. Kata untuk makna tertentu, dalam suatu bahasa tidak serta merta ada dalam bahasa yang lain. Hal ini menyebabkan sulitnya mencari padanan kata yang benar-benar tepat.

2. Sesuatu kata disamping mempunyai makna (ide) tertentu jga mempunyai ‘atifah (rasa bahasa). Penerjemahan yang sudah tepat dari segi idenya tidak serta-merta tepat pula dari segi rasa bahasanya.

Persoalan dalalah adalah persoalan yang amat penting dalam memahami suatu bahasa, juga dalam penerjemahan dari satu bahasa ke bahasa yang lain.

Copyrights : Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: