Belajar Bahasa Arab

BELAJAR BAHASA ARAB
Bab 1
Prinsip-prinsip penulisan dengan huruf Arab:

1.Huruf Arab secara umum terbagi menjadi 3:
A.Ada yang dapat menggandeng dan digandeng, misalnya:
ب – ت- ث- ج – ح –خ س- ش- ص- ض- ط –ظ- ع-غ- ف – ق – ك- ل – م – ن – هـ

1.Dalam keadaan menggandeng saja, disebut huruf posisi awal, menjadi demikian:
بـ – تـ – ثـ – جـ – حـ – خـ- سـ – شـ – صـ – ضـ – طـ – ظـ- عـ – غـ – فـ – قـ – كـ – لـ – مـ – نـ – هـ

2. Dalam hal menggandeng dan sekaligus digandeng, disebut huruf posisi tengan, menjadi demikian:
ـبـ – ـثـ – ــجـ – ـحـ – ـخـ – ـسـ – ـشـ – ـصـ – ـضـ
ـطـ – ـظـ – ـعـ – ـغـ – ـفـ – ـقـ – ـكـ – ـلـ – ـمـ – ـنـ – ـهـ

B.Ada yang hanya dapat digandeng saja tetapi tidak dapat menggandeng huruf sesudahnya, misalnya:ا – د – ذ – ر – ز – و
Dalam hal digandeng saja, disebut huruf posisi akhir, menjadi demikian:

ـا – ـب – ـت – ـث – ـج – ـح – ـخ – ـد – ـذ – ـر – ـز – ـس – ـش – ـص – ـض – ـط – ـظ – ـع – ـغ – ـف – ـق – ـك – ـل – ـم – ـن – ـو – ـه – ـلا – ـؤ – ـأ

C.Ada yang tidak dapat menggandeng atau digandeng secara mandiri. Dengan kata lain, dapat menggandeng atau digandeng tetapi menempati huruf jenis yang pertama atau yang kedua di atas, atau mandiri sama sekali, yakni ء , misalnya:
سأل – سئل – شاء
Pada prinsipnya, setiap kata (kalimah) ditulis tersendiri. Meskipun huruf-huruf Arab tersebut masih bisa menggandeng kata sesudahnya, jika sudah beda kata maka harus dipisah.

Contoh menggandengkan huruf-huruf Arab :

Huruf Pisah Huruf Gandeng
ك – ت – ا – ب / ج –د- ي- د كتاب / جديد
أ-د-ر-س / ا-ل –آ-ن / ا-ل –ل –غ –ة أدرس / الآن / اللغة
ن-ح-ن/ م-س-ل-م-و-ن/ أ-ق-و-ي-ا-ء نحن / مسلمون / أقوياء
ل-ن-ا / د-و-ل-ة/ ك-ب-ي-ر-ة لنا / دولة / كبيرة
ل-ا-ب-د / ل-ن-ا-/ م-ن/ ا-ل-ع-م-ل لا بد / لنا / من / العمل
أ – ك – ل / إ ن / م – س – ؤ – و – ل أكل / إن/ مسؤول

1.Gandengkan huruf-huruf berikut ini, secara kata perkata, sehingga menjadi kata atau kalimat yang sempurna!

1- ا-ل -ح-اس-و-ب / م-ه-م/ ج-د-ا/ ف-ي/ ا-ل-د-ر-ا-س-ا-ت/ ب-ا-ل-ج- ا-م-ع- ة
2- ن-س-ت-خ-د-م/ ا-ل-ح-ا-س-و-ب/ ل-ل-ك-ت-ا-ب-ة/ ( ل-ك-ت-ا-ب-ة/ ا-ل-ب-ح-ث)
3- ي-ع-ق-د/ م-ع-ر-ض/ ا-ل-ح-ا-س-و-ب/ م-ر-ت-ي-ن/ف-ي/ ك-ل/ س-ن-ة/ ع-ل-ى/ ا-ل-أ-ق-ل/
4- ه-ذ-ا/ ا-ل-م-ع-ر-ض/ ح-ض-ر-ه/ ا-ل-ط-ل-ا-ب/ و-ا-ل-ط-ا-ل-ب-ا-ت/ م-ن/ ا-ل-ج-ا-م-ع-ا-ت/ ف-ي/ ج-و-ك-ج-ا-ك-ر-ت-ا/

1- الحاسوب مهم جدا في الدراسات بالجامعة
2-نستخدم الحاسوب للكتابة ( لكتابة البحث)
3-يعقد معرض الحاسوب مرتين في كل سنة على الأقل
4-هذا المعرض حضره الطلاب والطالبات من الجامعات في جوكجاكرتا
2.Gandengkan huruf-huruf berikut ini menjadi kata dan kalimat yang sempurna !

1- ا-ل-أ-ب/ ط-ب-ي-ب/ ي-ع-م-ل/ ف-ي/ ا-ل-م-س-ت-ش-ف-ى
2-ا-ل-أ-خ/ م-ه-ن-د-س/ ي-ع-م-ل/ ف-ي/ ا-ل-م-ص-ن-ع/
3-ا-ل-أ-خ-ت/ م-ع-ل-م-ة/ ت-ع-م-ل/ ف-ي/ ا-ل-م-د-ر-س-ة/
4-ا-ل-ع-م/ ي-ب-ح-ث/ ع-ن/ ا-ل-ح-ا-س-و-ب/
5-ا-ل-خ-ب-ي-ر/ ا-ل-ا-ق-ت-ص-ا-د-ي/ -ي-ح-ل/ ا-ل-م-ش-ك-ل-ا-ت/ ا-ل-ا-ق-ت-ص-ا-د-ي-ة/
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
3.Cocokkan tulisan anda dengan tulisan berikut ini
العم يبحث عن الحاسوب الأب طبيب يعمل في المستشفى
الخبير الاقتصادي يحل المشكلات الاقتصادية الأخ مهندس يعمل في المصنع
الأخت معلمة تعمل في المدرسة
Bab 2
الكتاب على المكتب

Hafalkan kosa kata berikut ini
جريدةsurat kabar = كتابbuku =
مجلةmajalah = مكتبmeja =
سبورةpapan tulis = قلمpena =
ساعةjam = كرسيkursi =
محفظةtas = جدارdinding =
رسالةsurat = مفتاحkunci =
مسطرةpenggaris = مصباحlampu =
صورةgambar =
حليب susu =
منdari =
فيdalam =
الشجرتَيْنِ الفصلkelas =
الشاي teh =
أمامdi depan =
علىpada / di atas =
المستمعِيْنَ

الكتاب على المكتب . السبورة على الجدار. المفتاح في المحفظة. الصورة على الجدار.
الجريدة والمجلة على المكتب . الرسالة والصورة في المحفظة. المحفظة في الفصل. المسطرة والرسالة على المكتب . المكتب في الفصل. الشاي في الفنجان . الحليب من البقرة.
الجريدة على الكرسي والمجلة على المكتب. السبورة أمام الفصل والساعة على الجدار. المحفظة على المكتب والرسالة في المحفظة. القلم بجانب الكتاب. المفتاح على الجدار. البيت وراء المسجد.
Contoh-contoh kalimat di atas merupakan kalimat sederhana yang terdiri dari mubtada’ (pokok kalimat) dan khabar (predikat) berupa syibh al-jumalah, yakni frasa yang diawali dengan harf jar seperti من ، على ، في atau zarf seperti أمام ، وراء. Kata yang terletak setelah harf jar atau zarf dibaca jar, yang ditandai dengan harakat kasrah, fathah (untuk kata-kata tertentu) atau ya untuk mutsanna atau jamak muzakkar salim. Misalnya:
الكتاب على المكتبِ
القلم لفاطمةَ
المسجد أمام الشجرتَيْنِ
الخطيب أمام المستمعِيْنَ

Bab 3
أحمد يقرأ المجلة
Hafalkan terlebih dahulu kosakata-kosakata berikut ini
يقرأmembaca = يشربminum =
يجلسduduk = يحفظmenghafal =
يقومberdiri = ينامtidur =
يكتبmenulis = يستيقظbangun =
يمسحmenghapus = يذهبpergi =
يفتحmembuka = يرجعpulang =
يغلقmenutup = يمشيberjalan =
يأكلmakan =
يدخلmasuk =
يغتسلmandi = يركبnaik (kendaraan) =
يخرجkeluar =
يصليsalat =

أحمد يقرأ المجلة في الفصل . هو يجلس على الكرسي. الأستاذ يقوم أمام المدرسة ثم يفتح باب المدرسة ويغلقها. هو يدخل في الفصل ثم يكتب الدرس على السبورة.الطالب يمسح السبورة قبل أن يكتب الأستاذ الدرس.
فريد يحفظ سورة الضحى قبل أن ينام. وفي الساعة الرابعة يستيقظ من النوم ثم يغتسل ويصلي الصبح. هو يأكل الفطور بعد الصلاة ثم يشرب الحليب . هو يذهب إلى المدرسة صباحا هو يمشي على الرجل وصديقه يركب السيارة.يدخل فريد المدرسة في الساعة السابعة صباحا ويرجع منها في الساعة الواحدة نهارا.
فاطمة تقرأ المجلة في الفصل . هي تجلس على الكرسي. الأستاذة تقوم أمام المدرسة ثم تفتح باب المدرسة وتغلقها. هي تدخل في الفصل ثم تكتب الدرس على السبورة.الطالبة تمسح السبورة قبل أن تكتب الأستاذة الدرس.
فريدة تحفظ سورة الضحى قبل أن تنام. وفي الساعة الرابعة تستيقظ من النوم ثم تغتسل وتصلي الصبح. هي تأكل الفطور بعد الصلاة ثم تشرب الحليب . هي تذهب إلى المدرسة صباحا هي تمشي على الرجل وصديقتها تركب السيارة. فريدة تدخل المدرسة في الساعة السابعة صباحا وترجع منها في الساعة الواحدة نهارا.
القاعدة:
Contoh –contoh kalimat di atas merupakan kalimat sederhana yang terdiri dari mubtada (subyek) dan khabar (predikat) yang terdiri dari fi’il mudlari’, kata kerja yang menunjuk waktu sekarang atau yang akan datang. Jika sebelum kata kerja ada kata قبل atau بعد maka kata kerja tersebut diawali dengan أن atau diganti dengan bentuk masdarnya, seperti contoh berikut:
المسلم يدعو قبل أن ينام وبعد القيام من النوم
atau
المسلم يدعو قبل النوم وبعده
بعد / قبل أن ينام / قبل النوم
قبل أن + فعل / قبل + مصدر

Bab 4
أحمد يدرس / فاطمة تدرس
يدرسbelajar =
يبحثmembahas =
ينجحlulus =
يفشلgagal =
يعقدmengadakan =
يجبدlancar / fasih =
يريدhendak/ingin =
يواصلmelanjutkan =
يجتمعberkumpul =
يذاكرmengulang kembali =
يساعدmembantu =
يسألbertanya / meminta =
يجيبmenjawab =
يوزّعmembagi =
يحاولberupaya / berusaha =
أحسن الإجابةsebaik-baik jwban=
المتعلقةberkaitan =
يقول berkata = أنتَkamu (lk) =
أنتِkamu (pr)=
أناsaya =
نحنkita =
هوlaki-laki (mufrad) =
هي dia (pr /mufrad) =
همmereka =
جامعة ج جامعاتuniversitas =
كلية ج كلياتfakultas =
مكتبة ج مكتباتperpustakaan =
ذكي ج أذكياءcerdas =
قاعة ج قاعاتaula /ruang =
الدراسات العلياpasca sarjana =
الصعب /الصعبةsulit =
صديق ج أصدقاءteman =
الأعمال المنزليةpekrjaan rmh =
ألمانياjerman =

أحمد يدرس اللغة العربية في جامعة سونان كاليجاكا لإسلامية.هو يجيدها بعد أن يدرس
ثلاث سنوات. أحمد له أخت تجيد اللغة الألمانية. هي تدرس في جاكرتا ثم يواصل دراستها إلى ألمانيا. أما أحمد فيريد أن يواصل دراسته في الدراسات العليا بجامعة الأزهر. أحمد يحب أن يسأل أستاذه عن الكلمات الصعبة . أصدقاؤه يساعدونه في الدراسة. هم يجتمعون في القاعة ليذاكروا دروسهم. أحمد يوزّع أسئلة الأعمال المنزلية لأصدقائه . هم يحاولون أن يجيبوها أحسن الإجابة.
يبحث أحمد الأسئلة المتعلقة بالنحو بينما يبحث أخوه الأسئلة المتعلقة بالصرف. ينجح أحمد في دراسته لأنه طالب نشيط بينما يفشل أخوه لأنه طالب كسلان. أحمد طالب ذكي ونشيط كثيرا ما يقرأ الكتب في المكتبة وأحيانا يعقد النشاطات العلمية مع أصدقائه في الجامعة التي يدرس فيها. أنا أحب أحمد ونحن جميعا نحب أن نكون أذكياء مثله. كان أحمد يقول لأخته: أنتِ امرأة نشيطة ذكية، أنا أريد أن أكون مثلكِ.
—-
فاطمة تدرس اللغة العربية في جامعة سونان كاليجاكا لإسلامية.هي تجيدها بعد أن تدرس
ثلاث سنوات. فاطمة لها أخ يجيد اللغة الألمانية. هو يدرس في جاكرتا ثم يواصل دراسته إلى ألمانيا. أما فاطمة فتريد أن تواصل دراستها في الدراسات العليا بجامعة الأزهر. فاطمة تحب أن تسأل أستاذها عن الكلمات الصعبة . أصدقاؤها يساعدونها في الدراسة. هم يجتمعون في القاعة ليذاكروا دروسهم. فاطمة توزّع أسئلة الأعمال المنزلية لأصدقائها . هم يحاولون أن يجيبوها أحسن الإجابة.
تبحث فاطمة الأسئلة المتعلقة بالنحو بينما يبحث أخوه الأسئلة المتعلقة بالصرف. تنجح فاطمة في دراستها لأنها طالبة نشيطة بينما يفشل أخوها لأنه طالب كسلان. فاطمة طالبة ذكية ونشيطة، كثيرا ما تقرأ الكتب في المكتبة وأحيانا تعقد النشاطات العلمية مع أصدقائها في الجامعة التي تدرس فيها. أنا أحب أن أكون مثل فاطمة. ونحن جميعا نحب أن نكون أذكياء مثلها. كانت فاطمة تقول لأخيها: أنت رجل نشيط ذكي، أنا أريد أن أكون مثلكَ.
Dari contoh-contoh di atas dapat disimpulkan bahwa dalam jumlah ismiyah, kata kerja sebagai predikat harus harus disesuaikan dengan mubtada’ (subyek)nya, dari sisi muannats, muzakkar, mufrad, tatsniah atau jamak. Misalnya:
الصديق يساعدك
الصديقان يساعدانك
الأصدقاء يساعدونك
الصديقة تساعدك
الصديقتان تساعدانك
الصديقات يساعدْنك
أنا أساعدك
نحن نساعدك
Bab 5
يدرس أحمد / تدرس فاطمة
الشرق الأوسطtimur tengah =
المتعلقةberkaitan =
العربية الأصلyang asli bhs Arab =
الامتحان النهائيujian akhir =
الكسلان orang yang malas =
معرض الكتبpameran buku =
اللغة الفرنسيةbahasa Perancis =
إلى الخارجke luar negeri =
الميدان lapangan =
همmereka =
لجنة زكاة الفطرpanitia zakat fitrah = للاستماع إلىuntuk mendengarkan =
المحاضرة الدينيةceramah agama =
ينبغي أن seyogyanya =
لا يزالsenantiasa / selalu =
عن الدرس الصعبttg pelajaran yg sulit
أنتَkamu (lk) =
أنتِkamu (pr)=
أناsaya =
نحنkita =
هوlaki-laki (mufrad) =
هي dia (pr /mufrad) =
Pelajari kalimat-kalimat berikut ini
1- يدرس أحمد اللغة العربية في الشرق الأوسط
2- أنا أدرس اللغة العربية في جامعة سونان كاليجاكا الإسلامية
3- يبحث حسان عن الكلمات العربية الأصل في اللغة الإندونيسية
4- ينجح صديقي في الامتحان النهائي
5- يذاكر الطلاب دروسهم .هم يحاولون أن ينجحوا في الامتحان النهائي
6- يفشل الكسلان في حياته
7- قال الأب لولده : ” يا بني لا تكسل حتى لا تفشل في حياتك”.
8- يعقد الطلاب معرض الكتب العلمية في هذا الشهر
9- تعقد الطالبات معرض الملابس النسائية في هذا الشهر
10- يجبد عمي اللغة الفرنسية والالمانية وأنتِ يا فاطمة هل أنتِ تجيدين اللغة العربية؟
11- يريد أخي الصغير أن يواصل دراسته إلى الخارج
12- يجتمع الناس في الميدان للاستماع إلى المحاضرة الدينية
13- تريد أختي الكبيرة أن تواصل دراستها إلى الشرق الأوسط
14- نحن نجتمع في المسجد للاستماع إلى المحاضرة الدينية
15- يذاكر الطالبان دروسهما كل يوم في المكتبة
16- تذاكر الطالبتان دروسهما كل يوم في المكتبة
17- ينبغي أن يساعد القوي الضعيف
18- ينبغي أن يساعد الأغنياء الفقراء
19- لا تزال الطالبات أن يذاكرن دروسهن كل يوم في المكتبة
20- يسأل التلميذ أستاذه عن الدروس الصعبة المتعلقة بقواعد اللغة
21- يجيب الاستاذ سؤال تلميذه إجابة شافية
22- يوزّع الممتحن أسئلة الامتحان في قاعة الكلية
23- توزّع لجنة زكاة الفطر الرز لفقراء المدينة في نهاية شهر رمضان
24- يحاول الطلاب في الدراسات العليا أن ينجحوا في الامتحانات
25- تحاول الطالبات الحصول على درجة الدكتوراه بدرجة ممتازة

Dalam bahasa Arab ada dua pola kalmat, yakni kalimat nominal (jumlah ismiyah ) dan kalimat verbal (jumalh fi’liyah ). Dalam jumlah fi’liyah, sebagaimana contoh di atas, kata kerja (predikat) selalu mendahului subyeknya. Penyesuaian antara keduanya berbeda dengan penyesuaian dalam pola jumalah ismiyah, yakni hanya dari sisi muzakkar atau muannats saja. Misalnya:
تحاول الطالبة يحاول الطالب
تحاول الطالبان يحاول الطالبان
تحاول الطالبات يحاول الطلاب

Bab 6
Bandingkan jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah berikut ini!

الجملة الإسمية
الطالب يفتح باب المدرسة
الطالبة تفتح باب المدرسة
الأستاذ يكتب الدرس على الحاسوب
أحمد يُغْلِق النافذة مساء
زينب تمشي إلى المسجد لصلاة المغرب
صديقتي تشرب الشاي في البيت مساء
الأستاذان يكتبان الدرس على السبورة
الطالبتان تفتحان باب المدرسة
أختاي تجلسان على الكرسي تأكلان الغداء
الطالبات يفتحْنَ باب المدرسة
الحارسون يغلقون النافذة مساء
أصدقائي يشربون الشاي في البيت مساء
الأستاذات يكتبن الدرس على السبورة

حسان وأحمد يمشيان إلى المسجد لصلاة المغرب
أبي وجدي يقومان أمام البيت
الطالبات يفتحن باب المدرسة
فاطمة وزينب وهند يغلقن النافذة مساء الجملة الفعلية:
يفتح الطالب باب المدرسة
تفتح الطالبة باب المدرسة
يكتب الأستاذ الدرس على الحاسوب
يغلق أحمد النافذة مساء
تمشي زينب إلى المسجد لصلاة المغرب
تشرب صديقتي الشاي في البيت مساء
يكتب الأستاذان الدرس على الحاسوب
تفتح الطالبتان باب المدرسة
تجلس أختاي على الكرسي تأكلان الغداء
تفتح الطالبات باب المدرسة
يغلق الحارسون النافذة مساء
يشرب أصدقائي الشاي في البيت مساء
تكتب الأستاذات الدرس على السبورة

يمشي حسان وأحمد إلى المسجد لصلاة المغرب
يقوم أبي أمام البيت
تفتح الطالبات باب المدرسة
تغلق فاطمة وزينب وهند النافذة مساء
Latihan :
Pola-pola jumlah ismiyyah :
Pelajari pola-pola jumlah ismiyyah berikut ini:

حسان طالب محمود موظف الجامعة
فريدة طالبة محمودة موظفة المكتبة
ابن حسان طالب أخت محمود موظفة المكتبة
بنت حسان طالبة أخو محمودة موظف الجامعة
أخو فريدة طالب صديق أخت محمود موظف المكتبة
أخت فريدة طالبة صديقة أخي محمودة موظفة الجامعة

حسان وأحمد في المدرسة في المدرسة حسان و أحمد
فريدة أمام البيت أمام البيت فناء
المدرسة لها فناء المسجد له نظام
حسان له بيت وسيارة البيت والسيارة لحسان
حسان على يقين أنه ناجح أخي على وعي أنه راسب

Perhatikan kalimat-kalimat di atas, kemudian jelaskan penyesuaian dalam hal muannats dan muzakkar yang ada dalam kalimat tersebut!

Bab 7
Kosa Kata
Meskipun terdapat banyak kosa kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, namun banyak juga di antaranya, dan bahkan pada umumnya, maknanya kemudian mengalami pergeseran, seperti kata دائرة yang artinya adalah lingkaran, kemudian masuk ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘daerah’ yang kalau dikembalikan lagi ke dalam bahasa Arab menjadi منطقة bukan lagi seperti semula yakni دائرة . Begitu pula kata كلمة (yang artinya: kata) yang masuk ke dalam bahasa Indonesia menjadi kalimat. Jika kata ‘kalimat’diterjemahkan kembali ke dalam bahasa Arab akan menjadi جملة . Contoh lain adalah kata حاكم yang masuk ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘hakim’. Jika kata tersebut dikembalikan lagi ke bahasa Arab akan menjadi قاض, artinya terjadi pergeseran makna atau boleh jadi karena sesuatu kata seringkali memiliki lebih dari satu arti, tetapi ketika telah masuk ke dalam bahasa Indonesia yang diambil hanya sebagian artinya saja, atau digunakan orang secara tepat, tidak sesuai dengan arti yang sesungguhnya, tetapi kemudian dipakai oleh secara lebih luas. Lebih dari itu, sesuatu kata asing yang menjadi kosa kata Indonesia dan telah beredar luas tentu akan mengalami perkembangan makna (tathawwur ad-dalalah). Kasus pergeseran makna yang terjadi pada kosakata-kosakata Indonesia yang berasal dari bahasa Arab dengan berbagai variasinya semacam ini tidak sedikit. Jika hal ini tidak dicermati, akan dapat menyesatkan.

Bab 8
Keragaman Bentuk Kata dan Pengaruhnya Pada Keragaman Arti
Sebuah kosa kata dalam bahasa Arab kemungkinan mempunyai alternatif bacaan lebih dari satu. Arti kata akan menentukan bacaannya atau sebaliknya, bacaan akan menentukan arti kata. Dalam bahasa Arab dikenal apa yang disebut dengan wazan,
yakni patokan bacaan berupa fathah, dlammah, kasrah atau sukun, menggunakan huruf dasar فعل ), patokan atau timbangan ini diterapkan baik pada kata kerja (fi’il) atau kata benda (isim) , terutama kata-kata yang musytaq, yakni kata yang diambil dari kata yang lain . Dengan wazan ini dapat dibedakan antara bentuk kata (sighah) yang satu dengan yang lain.
Kata benda (isim) pada umumnya juga mempunyai wazan tertentu, dan dari wazan inilah akan diketahui apakah kata benda tersebut memang asli dari bahasa Arab atau bukan, seperti kata ديوان ؛ سيكولوجي ؛ إيبستيمولوجي dan sebagainya, dari wazannya dapat diketahui bahwa kata-kata tersebut bukan berasal dari Bahasa Arab. Hanya harf saja yang tidak memiliki wazan .
Wazan yang menggunakan patokan huruf فعل ini menunjuk kepada huruf-huruf asal sebuah kata, atau dengan kata lain, huruf-huruf yang sejajar dengan huruf-huruf wazan di atas adalah huruf asal dari sebuah kata. Misalnya kata استغفر , wazannya استفعل , huruf-huruf yang sejajar dengan huruf-huruf فعل pada wazan tersebut adalah غفر , maka huruf-huruf itulah yang merupakan asal kata استغفر Selain huruf yang sejajar dengan huruf-huruf فعل adalah huruf-huruf tambahan, yang mempunyai fungsi tertentu. Kata استغفر seperti dalam contoh di atas disebut mauzun. Jadi mauzun adalah semua kata dalam bahasa Arab (selain harf ), yang di”timbang” dengan apa yang disebut wazan, sebagaimana contoh di atas baik berupa kata kerja maupun kata benda. Wazan ini sangat berguna untuk menentukan bacaan kata tertentu dalam bahasa Arab, dari sisi harakat, selain harakat akhir. Untuk harakat akhir pada umumnya ditentukan oleh kedudukan kata tersebut dalam kalimat, misalnya sebagai subyek atau obyek dan sebagainya.
Persoalan pokoknya adalah jika suatu kata dalam bahasa Arab belum diberi syakal, masih banyak kemungkinan arti yang ditimbulkannya, tetapi kata yang sudah diberi syakal atau sudah diucapkan, maka artinya hanya yang sesuai dengan bacaan atau wazannya saja. Misalnya: kataتنزل jika belum diberi syakal, kata tersebut mempunyai banyak kemungkinan arti, misalnya : kamu turun, kamu menurunkan, kamu diturunkan, dia turun dan sebagainya. Tetapi kalau sudah dibaca tanzilu, misalnya, artinya hanya terbatas “kamu (laki-laki) turun atau dia (perempuan) turun”, sementara kemungkinan-kemungkinan arti yang lain menjadi tertutup.
Masalah wazan dalam kajian bahasa Arab menjadi amat penting karena menjadi patokan cara membaca hampir seluruh kata. Hanya harf (semacam kata depan atau kata sambung), dan kata yang berasal dari non bahasa Arab yang tidak berwazan. Oleh karena beragamnya wazan, maka berikut ini akan dibahasan satu demi satu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: